Ajakan Menularkan Peta Konsep

Jangan Cuma Melihat Peta Konsep Yang Sudah Jadi

Map Jig Saw
This jigsaw map of Scotland is one of many used to teach geography to King George III’s children

Sampai saat ini para pembaca/ pengunjung PKAB mungkin hanya melihat contoh-contoh Peta Konsep yang sudah jadi untuk mengerti topik (yang menjadi sentral) yang ditampilkan.

Saya ingin mengajak semuanya untuk mulai membuat Peta Konsep sendiri, di mulai dengan topik-topik yang menarik bagi diri anda sendiri. Pelan-pelan tiap cabang ditambahkan dan dikembangkan. Bebaskan pikiran anda untuk menambah cabang secara random dan acak.

Mungkin tidak langsung sekaligus jadi dan bagus. Perlu ada 2 tahapan, yaitu tahap awal dan kemudian tahap perapihan (layout diatur lagi, warna ditambahkan, dll). Nah dari situ barulah terasa manfaat dan keasikan membuat Peta Konsep. Seperti yang tertampil dalam gambar di atas, keasyikan dalam menyusun jigsaw. Rasakan manfaat Peta Konsep dalam mengingat materi/ topik yang dibuat juga.

Setelah merasakan kehebatan dan kenikmatan pembuatan Peta Konsep, saya harap anda bersedia untuk menularkan kebiasaan ini kepada rekan yang lainnya, sehingga penyebaran pemakaian Peta Konsep itu menjadi epidemi dan pandemi di bumi Indonesia tercinta ini.

Wish me luck untuk saya besok akan melakukan pengiriman surat ke Mr. President untuk meminta bertemu dan mendemokan Peta Konsep dalam mencari solusi Ketahanan Pangan Nasional dan masalah-masalah besar lainnya. Kirim surat via email setneg.go.id sudah saya lakukan tadi siang.