Di balik kesederhanaan terletak kekuatannya

Latihlah otakmu dengan 6 Pertanyaan Dasar ini

Manusia tetap hidup sampai sekarang karena rasa penasaran (Gestalt), salah satu kemampuan otak kanan.

Coba dengan kata kunci “Korupsi” sebagai topik utamanya. Setiap cabang yang muncul coba lakukan secara Rekursif dengan 6 pertanyaan dasar tadi. Misal: Siapa pelaku korupsi = Hantu Kupret. Tanyakan lagi: Mengapa Hantu Kupret lakukan itu? Bagaimana caranya Hantu Kupret lakukan? Caranya adalah Begini (cabang baru). Tanyakan lagi Mengapa Begini bisa terjadi ? Dan seterusnya… Sampai kapan? Sampai anda puas dengan jawabannya dan telah memecahkan problem awalnya. Bila belum, terus kembangkan… dan kau akan heran akan hasilnya. Laporkan sudah sampai seberapa besar peta yang dihasilkan?

Saya menemukan Zahman Framework.

Zachman Framework

Saat tiba di kantor NovaTara di gedung Surveyor, saya bertemu dengan Mr. Paskaran, Pak Gindo, Pak Maman dan berdiskusi dan mencoba untuk menjalankan MindManager Pro 7 dengan sistem VFon selama 2 jam. Suatu kombinasi yang luar biasa (superb!) antara Pemetaan Konsep dengan Mind Manager Pro 7 dan VFon system.

Tercetus ide dengan skenario begini: Mr. President, Mentri Kehutanan, Perwakilan dari WALHI, Gubernur Wilayah Kalimantan Tengah, Ketua Adat hutan yang terkena penggundulan 1.000 ha, Hakim, Pengacara dan Polisi penangkap terlibat dalam diskusi video conferencing sambil mengedit sebuah Peta Konsep dengan topik utamanya adalah Kasus Adelin Lis.

VFon System

Masing-masing pihak diberikan kesempatan untuk menaruh keping informasi yang mereka miliki ke dalam 1 Peta Konsep (dengan sharing application) yang sama dan ketika di kelompokkan keping-keping itu, maka akan mulai tampak gambaran besarnya, dan terlihat mana bagian yang masih belum ditemukan (missing piece). Usaha kemudian bisa dikerahkan untuk mencari evidence untuk melengkapi missing piece tersebut. Attachment atau hyperlink bisa ditambahkan, seperti: notulen sidang, foto atau video bukti penggundulan hutan, lokasi hutan (di mana penggergajian, stasiun penghanyutan via sungai, alat-alat berat, dll). Atau bisa diambil keputusan berdasarkan fakta-fakta yang sudah ada karena akan terlihat pola/ pattern dengan kemampuan otak kanan.

Doakan agar presentasi Peta Konsep dengan Sekretariat Kabinet/ Mr. President (dalam waktu dekat) bisa berjalan lancar dan mereka dapat melihat Jalan Keluar yang selama ini mungkin dicari-cari.