Latihan: Aku dan Lingkunganku

Silahkan download gambar ini dan pergunakan untuk diri sendiri atau siapapun yang mau diajak untuk mengenali kemampuan diri, cita2nya, dan apa yang ia bisa sumbangkan untuk memperbaiki lingkungan terdekatnya, hambatan dan kebutuhan apa sehingga semuanya bisa tercapai. Silahkan untuk menambahkan cabang yang baru bila diperlukan, justru itulah spirit dari Peta Konsep, yaitu Radiant Thinking (berpikir secara menyebar, eksplorasi terus, random sana-sini).

Aku dan Lingkungannku, Saling Membantu

Bayangkan kalau kita bisa kumpulkan dan diskusi bareng-bareng di balai desa atau di community center untuk menemukan siapa butuh apa dan siapa yang bisa gantikan / bantu siapa.

Saya pernah membaca/ mendengar cerita tentang seseorang wanita yang ingin bekerja menjadi sekretaris tapi ia membutuhkan orang yang mengawasi anak2nya selama ia kursus. Dari komunitasnya kemudian ada orang lain yang bersedia menjadi baby sitternya. Sehingga akhirnya wanita tersebut menjadi sekretaris, yang pada giliran waktu lainnya membantu orang lain dengan kemampuan/ kebisaannya.

Indahnya berbagi….