Mari Bermain 1 Juta Keping Puzzle

Ibaratkan kita memperoleh 1 paket yang berisi Puzzle atau Jigsaw yang berjumlah 1 juta keping. Gambar dari puzzle itu adalah Masalah dan Solusi dari problematika yang dihadapi Bangsa Indonesia yang paling krusial saat ini. Kalau kita hanya bermain sendirian, maka niscaya akan memakan waktu yang sangat lama dan bisa jadi gambar tersebut tidak akan pernah terwujud. Tetapi coba bayangkan bila kita bermain secara beramai-ramai.

1 juta keping itu dibagi menurut corak atau pola, misal ada nuansa langit biru dan awan-awannya satu kelompok, corak tanah dan rerumputan satu kelompok, begitu seterusnya. Di dalam masing-masing kelompok itu kemudian mencoba untuk membagi lagi mana yang urus sub-bagian 1 (tanah) dan mana yang bagian 2 (rumput) . Setelah itu ada penggabungan antar kelompok, sehingga menjadi sebuah peta yang utuh.

Puzzle Pemandangan. U r the the missing piece!

Dari ini saya ingin mengajak siapa saja yang tertarik untuk bersatu dalam memanfaatkan Peta Konsep untuk memahami masalah dan mencari jalan keluarnya. Saya harus segera berangkat ke Seminar Transforming Education In Indonesia, JW Marriot pagi ini.

Ulat akan menjadi Kupu-Kupu yang Cantik

Kita mulai dengan masalah yang lebih mudah untuk dipecahkan terlebih dahulu, kita keroyok secara beramai-ramai dengan masing-masing menyumbangkan ide dan informasi untuk mencari solusi jalan keluar atas masalah itu. Masa kita kalah dengan penduduk negara Finlandia (penghasil handphone Nokia) yang berjumlah 5.5 juta orang saja. 10% saja penduduk Indonesia bisa berdiskusi via online itu mencapai 22 juta orang, man! Nanti saya ceritakan/ laporkan tentang Seminar Transforming Education in Education secara terpisah.

Klik gambar berikut untuk mendapatkan versi ukuran besarnya.

Indonesia harus berubah!