Impian Pemanfaatan Teknologi School of The Future (SOF)

Saya bermimpi bahwa Departemen Pendidikan Nasional menyiapkan sistem SOF dan diinstalasikan di DepDikNas sendiri, di rumah-rumah para pakar, sekolah/ universitas yang menjadi penghubung, dan pusat komunitas di wilayah kabupaten/ kota.

Skenarionya begini: di suatu balai desa atau di pusat komunitas (community centre) ada sekelompok orang berkumpul mereka mengadakan diskusi dengan seorang pakar. Kemudian pakar tersebut mengundang guru di sekolah x untuk berdiskusi bersama-sama. Karena sistem SOF itu berbasis konferensi video maka masalah yang ditemui oleh masyarakat dapat diperlihatkan dan disharing bersama-sama. Komunikasi berhenti karena team di sekolah/ universitas perlu melakukan riset terlebih dahulu. Mungkin sample bisa kemudian dikumpulkan dari lapangan untuk di bawa ke laboratorium. Sesekali antara pakar dan sekolah mengadakan komunikasi untuk mencari solusi dari masalah yang timbul. Setelah beberapa hari kemudian, pertemuan bersama-sama diadakan lagi. Kali ini giliran pihak sekolah yang presentasi dengan white board dan video hasil pengamatan laboratoriumnya. Terjadi diskusi antara sekolah, pakar dan masyarakat.

Sempat saya bertanya-tanya dengan Samir tentang harga dan pemanfaatan lebih jauh dari solusi 1 paket lengkap SOF itu. Harganya sekitar 11.000 USD, di luar TV proyektor besar (2.500-3.000 USD). Dengan sistem lengkap yang ditawarkan maka seseorang pakar bisa saja melakukan pengajaran, konsultasi, penjadwalan diskusi, dll. Yang dibutuhkan adalah koneksi internet high speed (tanpa perlu jalur telpon). Siswa cukup dengan komputer + webcam + internet koneksi yang cukup (56 kbps. makin cepat makin bagus sih).

Sistem School Of the Future

Sayang kualitas foto yang ditangkap dengan O2 Xing milik Bu Debby kurang jelas. Padahal saya menuliskan alamat website http://pkab.wordpress.com di layar interactive TV tersebut.

Andai kata saya menjadi salah satu yang terpilih penerima sistem SOF ini, maka saya bisa memberikan konsultasi Peta Konsep kepada para DepDikNas dan Guru-Guru SD. Bila ada sebuah perusahaan besar tergerak untuk mendonasikan seperangkat sistem SOF ini kepada saya, maka saya bersedia menjadi konsultan dan perusahaan sponsor ini diprioritaskan lebih dalam pemanfaatan Peta Konsep.