Sharing Peta Konsep ke SD Pakulonan Barat II

Hari Jum’at pagi saya dan istri pergi di antar Mas Sugeng ke SD Negri Pakulonan Barat II yang terletak di belakang kompleks Batavia, Gading Serpong. Bertemu dengan Pak Mujini dan Pak Hendro di ruangan guru. Saya menjelaskan maksud kedatangan, yaitu sebagai salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) saya ingin membagikan tentang Peta Konsep yaitu cara pembuatannya dan mendorong para guru dan murid-murid kelas 6.

Mejeng di Papan Nama SDN Pakulonan Barat 2


Saya diberikan buku terbitan Yudhistira, IPA oleh Pak Mujini yang bertugas sebagai guru IPA. Saya membuatkan Peta Konsep untuk bab 3 yang judulnya Pengembangbiakan Hewan dan Tumbuhan. Nanti saya sharingkan hasil Peta Konsepnya. Sambil menunggu giliran masuk ke kelas 6, saya mengajarkan kepada 6 guru SD di sebuah ruangan kelas (saat bel main). Kemudian meminta izin kepada guru yang mengajarkan Pramuka, saya mencoba untuk menerangkan Peta Konsep kepada anak-anak kelas 6 SD yang jumlahnya 55 orang.

Reaksi guru dan murid-murid SD tersebut kebanyakan agak kebingungan, mungkin karena belum biasa. Ada juga yang secara serius mendengarkan dan mengajukan pertanyaan. Saya minta kepada ketua kelasnya untuk membagi tugas kepada teman-temannya untuk membuatkan Peta Konsep dari bagian-bagian bab 3 tersebut, tiap anak satu sub-sub bab. Saya berjanji akan kembali lagi untuk mengambil hasil gambar Peta Konsep dari mereka dan akan memberikan kenang-kenangan bagi yang dapat menggambarkan Peta Konsep paling baik dan benar.

Mejeng bersama beberapa murid SD kelas 6

Saya ingin bisa meluangkan lebih banyak waktu pergi kembali ke SD tersebut untuk membantu para murid SD kelas 6 itu mempersiapkan diri menghadapi ujian kelulusan dengan Peta Konsep. Karena ini bisa menjadi satu topik penelitian yang menarik untuk diselidiki dan dibuatkan makalahnya.